Rekayasa Perangkat Lunak SMKN 1 Mejayan
(BLC-Telkom Klaten)

Sabtu, 07 Maret 2015

Membagi Kelompok dan Pengguna Aplikasi pada SliMS

Aplikasi SLiMS dapat digunakan multiuser, sehingga untuk menghindari saling menyalahkan ketika bekerja dengan aplikasi ini, maka administrator aplikasi dapat membuat group dan username yang berbeda antara satu orang dengan orang lain yang bekerja di perpustakaan.

Pembagian kelompok yang di maksud di dalam aplikasi ini adalah kelompok kerja yang sesuai dengan job desk masing-masing staf. Contoh di bagian perpustakaan membagi 2 kelompok, yaitu kelompok pengolahan sirkulasi. Di dalam kelompok pengolahan koleksi ada 2 orang bernama Adi dan Ani, sedangkan di kelompok sirkulasi ada 2 orang bernama Andi dan Yeni.

Untuk mendefinisikan hal tersebut pada aplikasi SLiMS, maka kita harus membuat kelompok terlebih dahulu. Caranya adalah sebgai berikut :

1. Login Sebagai Admin


2. Klik menu System, Klik sub menu User Group yang ada di sebelah kiri.


 3. Klik +Add New Group, kemudian isi Group

* Group Name untuk nama Group. Misal Pengolahan Koleksi
* Priviledge untuk menentukan sesuai job desk kelompok ini dalam menggunakan aplikasi SLiMS
* Contreng read and write pada Bibliography, Master File, Stock Take, Reporting, dan Serial control
* contreng read pada Circulation, Membership
* Save


4. Ulangi langkah ke 3 untuk Group Sirkulasi

* Group Name untuk nama Group. Misal Sirkulasi
* Contreng read and write pada Circulation, Membership, Reporting, Stock Take
* Contreng read pada Circulation, Membership
* Save


Setelah mendefinisikan kelompok, maka selanjutnya adalah membuat username dan password setiap orang sesuai dengan kelompoknya. Pada contoh di atas, ada 4 orang yang harus dibuatkan username dan password untuk digunakan mereka dalam bekerja menggunakan aplikasi SLiMS. Caranya sebagai berikut :

1. Klik menu System -> System User 


2. Klik +Add New User

* Login Username untuk username. Misal adi
* Real Name dengan nama lengkap Adi Subroto
* Tentukan Group dengan cara mencontreng pada nama kelompoknya. Misal si Adi kelompok Pengolahan Koleksi
* Isi Password. Misal 12345
* Confirm New Password isi kembali password
* Save






3. Ulangi langkah ke 2 untuk member-member lain

Apabila telah selesai mendefinisikan tipe koleksi, tipe keanggotaan, aturan peminjaman, kelompok user, dan user pada SLiMS, maka secara umum aplikasi ini sudah dapat digunakan untuk mengatur manajemen operasional perpustakaan mulai dari pengolahan koleksi, hingga membuat laporan statistik perpustakaan.
 


 

Mendefinisikan Aturan Peminjaman pada SLiMS

Di dalam perpustakaan terdapat tipe anggota, dimana setiap anggota memiliki aturan peminjaman yang berbeda dari sisi jenis koleksi dan juga hari termasuk denda.

Untuk mendefinisikan aturan tersebut pada SLiMS, caranya sebagai berikut.

1. Login sebagai Admin


2. Masuk ke menu Circulation / Sirkulasi, Klik sub menu Loan Rules / Aturan Peminjaman di sebelah kiri


3. Klik pada +Add New Loan Rules / Tambah Aturan Peminjaman Baru
Ada 8 kolom yang harus diisi
* Member Type, pilih tipe anggota
* Collection Type, pilih tipe koleksi
* GMD, pilih All
* Loan Limit, isi dengan angka 1
* Loan Periode, kita isi 21
* Fine Each Day, kita isi 1000
* Overdue Grace, periode kosongkan
Jika sudah terisi klik Save


4. Ulangi langkah ke 2-3 untuk tipe anggota lainnya.
5. Catatan penting : Apabila dalam pengisian kolom - kolom tersebut ada yang tidak di isi, maka isilah dengan angka 0 (Jangan dikosongkan)

Selesai... Selamat mencoba :)

Mendefinisikan Tipe Keanggotaan pada SLiMS

Perpustakaan dengan berbagai macam jenisnya tentu memiliki kekhasan kelompok anggotanya. Jika kita berkunjung ke perpustakaan sekolah, maka dapat kita temukan bahwa kelompok anggota perpustakaan yang terdapat di perpustakaan sekolah adalah pelajar/siswa, karyawan, staff, guru dsb.

Pengelompokan berbagai macam tipe keanggotaan disebuah perpustakaan biasanya digunakan untuk mengatur hak dalam peminjaman. Biasanya antara satu tipe anggota dengan tipe anggota lain berbeda dalam hal aturan peminjaman sebuah koleksi yang ada diperpustakaan. Misalnya guru boleh meminjam 4 buku selama 3 minggu sedangkan siswa boleh meminjam 2 buku selama 2 minggu dan seterusnya.

Berikut langkah - langkahnya :

1. Login sebagai Admin


2. Klik menu Membership/Keanggotaan, pada bagian kiri terdapat beberapa sub menu. Klik Member Type/Tipe Anggota


3. Pilih +Add New Member Type, untuk menambah anggota.

* Member Type Name untuk nama tipe keanggotaan. Misal Guru
* Loan Limit untuk Jumlah maksimal koleksi yang dapat dipinjam. Misal 4
* Loan Periode (in days) untuk masa waktu peminjaman koleksidengan hitungan hari. Misal 21
* Reserve untuk memesan koleksi yang sedang dipinjam oleh anggota lain. Jika diperpustakaan menerapkan layanan tsb, pilih enable, Jika tidak maka pilih disable.
* Jika pada Reserve kalian memilih enable, maka harus mendefinisikan berapa jumlah maksimal koleksi yang dapat dipesan oleh anggota pada kolom Reserve Limit. Misal 2
* Membership Periode (In Days) untuk masa waktu berlakunya keanggotaan. Misal 365
* Reborrow Limit jika perpustakaan terdapat layanan perpanjang masa peminjam koleksi yang telah jatuh tempo. Misal 1
* Fine each day / denda perhari. misal 1000
* Overdue Grace Periode untuk toleransi keterlambatan. Misal 1
Jika sudah terisi semua klik Save


4. Ulangi langkah ke 3 untuk mengisi tipe anggota yang lain.
5. Catatan Penting : Apabila dalam pengisian kolom-kolom tersebut ada yang tidak kita isi, maka isilah dengan angka 0 (Jangan dikosongkan)


Selesai, Selamat mencoba... :)

vitarista11.blogspot.com

Popular Posts