Rekayasa Perangkat Lunak SMKN 1 Mejayan
(BLC-Telkom Klaten)

Rabu, 15 April 2015

Upload File ke Hosting Menggunakan FileZilla

Sebelumnya saya sudah memposting cara Mendaftar hosting gratis di Idhostinger, lalu bagaimana cara mengupload file ke hosting menggunakan FileZilla.

FileZilla atau juga dikenal dengan sebutan FileZilla Client, adalah salah satu software FTP gratis, open source, cross-platform.
Upload bisa dapat dilakukan melalui File Manager di Cpanel Idhostinger dan menggunakan software ftp client seperti filezilla, dan yang paling mudah dan cepat adalah menggunakan software ftp client seperti filezilla.

Berikut cara untuk mengupload file menggunakan Filezilla :
1. Buka FileZilla

ISI
  • Host / Address Anda isi nama domain Anda atau IP Address
  • Username Anda isi username hosting Anda
  • Password Anda isi password hosting Anda, dan untuk port bisa kalian kosongkan saja atau isi 21
  • Klik Quickconnect
  • Tunggu beberapa saat hingga filezilla terkoneksi ke hosting
Alamat berikut bisa dilihat di E-mail yang terdaftar pada hosting


Setelah terkoneksi kalian bisa mulai uploadkan file-file ke hosting, untuk menguploadkannya sendiri hampir sama degan program ftp client lainnya.

Di jendela sebelah kiri pada fileZilla adalah file-file di komputer kalian dan jendela disebelah kanan adalah file-file di hosting kalian, kalian bisa menghapus file yang berada pada hosting. Nah untuk mengupload file, bisa ikuti tatacara di bawah ini :
  • Pertama di jendela sebelah kanan, kalian masuk ke folder /public_html/ atau /www/ dengan cara klik ganda nama foldernya,
  • Setelah masuk ke folder /public_html/ atau /www/ silakan kalian cari file yang akan kalian uplod di jendela sebelah kiri filezilla,
  • Dan untuk menguploadkannya bisa kalian drag file disebelah kiri ke jendela sebelah kanan, atau kalian double klik filenya maka file tersebut akan terupload, setelah itu tunggu hingga proses upload selesai.
Selain mengupload file kalian juga bisa mengupload langsung 1 folder dengan cara drag folder yang akan diupload ke jendela sebelah kanan, maka folder dan isinya akan terupload ke hosting.

Seperti contoh di bawah ini saya mengupload file untuk portal SMKN 1 Mejayan.




Tunggu hingga proses upload selesai, jika sudah selesai check dengan mengakses alamat url, contoh smkn1mejayan.hol.es


File berhasil di upload



0 komentar:

Posting Komentar

vitarista11.blogspot.com

Popular Posts